Beranda > Sub. Kema’arifan

Sub. Kema’arifan

KEPENGURUSAN KEMA’ARIFAN
PONDOK PESANTREN AL-ANWAR 3 SARANG REMBANG

    1. Tartilan al-Qur’an

Membaca al-Qur’an dengan tartil bersama-sama diikuti oleh semua santri dan dipimpin oleh seorang ustad al-Qur’an. Tartilan dilaksanakan setiap bakda jama’ah sholat maghrib pada hari selain malam Selasa dan malam Jum’at. 1 hari membaca seperempat juz, juz yang dibaca adalah juz 30, 1 dan 2.

  1. Pembacaan Yasin Fadhilah dan Ratib al-Haddad

Kegiatan ini diadakan seminggu sekali diikuti oleh semua santri. Pembacaan Yasin Fadhilah dilaksanakan pada malam Jum’at, sedangkan pembacaan Ratib al-Haddad pada malam Selasa tiap bakda jama’ah sholat maghrib.

  1. Ngaji Bandongan

Yaitu ngaji kitab salaf dengan metode guru yang membaca dan menerangkan, murid yang memberi makna/mencatat. Ngaji bandongan ini langsung diampu oleh Pengasuh (Dr. KH. Abdul Ghofur, M.A) dilaksanakan pada tiap pagi hari setelah jama’ah Subuh (kecuali hari Jum’at dan Ahad) dan sore hari pukul 16.30 – 17.30 WIB (kecuali hari Kamis). Berikut adalah jadwal ngaji bandongan selama pandemi:

AhadSeninSelasaRabuKamisJum’atSabtu
PagiLiburفتح المعينفتح المعينفتح المعينفتح المعينLiburفتح المعين
Soreتفسير الجلالينتفسير الجلالينتراجمتفسير الجلالينLiburتفسير الجلالينتفسير الجلالين
  1. Sorogan Kitab

Sorogan kitab bertujuan untuk menunjang kemampuan santri dalam membaca dan memahami isi dari kutubus salaf. Kegiatan ini dilakukan dengan metode murid membaca dan menerangkan isi kitab yang dibaca sedangkan gurunya menyimak dan mengoreksi jika salah. Dilaksanakan secara berkelompok dengan dibimbing oleh seorang ustad, pelaksanaan pada malam Rabu pukul 20.00 – 21.30 WIB. santri yang wajib mengikuti sorogan adalah santri yang masih menempuh jenjang kelas 1-4 Muhadlarah. Adapun kitab yang dibaca adalah al-Taqrib (kelas 1) dan Fath al-Qarib (kelas 2-4), materi yang dibaca adalah:

Kelas 1مقدمة – احكام الزكاة
Kelas 2احكام الزكاة – فصل فى انواع الدماع
Kelas 3احكام البيوع – فصل احكام عارية
Kelas 4فصل فى احكام الغصب – احكام النكاح
  1. Ngaji al-Qur’an

Ngaji al-Qur’an dilaksanakan tiap hari Ahad pagi setelah jama’ah sholat Subuh hingga pukul 06.00 WIB. Ngaji al-Qur’an terbagi menjadi 2 kategori yaitu talaqqi: ngaji al-Qur’an oleh santri yang masih belum lancar atau belum fasih dalam membaca al-Qur’an dilaksanakan secara berkelompok dengan bimbingan seorang ustad. Dan tadarus: ngaji al-Qur’an oleh para santri yang sudah dipandang lancar dan fasih dalam membaca al-Qur’an, dilaksanakan secara berkelompok tanpa didampingi oleh ustad. Penempatan kategori talaqqi dan tadarus didasarkan atas hasil tes diawal tahun ajaran baru oleh penguji.

    1. Halaqah Diniyyah

Merupakan kegiatan yang diadakan sekali tiap semester, bertujuan untuk meningkatkan khazanah para santri tentang pengetahuan Islam melalui seminar dan praktek lapangan secara langsung seperti tata cara menyembelih hewan, Haji dan Umrah.  

  1. Nadwah Lughah ‘Arabiyyah

Merupakan wadah untuk pengembangan keahlian dalam berbahasa Arab. Kegiatan yang dibawah naungan Nadwah meliputi Muhadatsah (mempraktekkan hasil belajar dalam bahasa Arab melalui percakapan), Pengembangan mental (MC dan Khitobah bahasa Arab), dan Drama Bahasa Arab. 

  1. Dzibaiyyah/Barzanji

Kegiatan seminggu sekali tiap malam Jum’at berupa sholawat bersama dilanjutkan dengan penampilan MC dan khitobah dua bahasa (bahasa Arab dan Indonesia) yang diikuti oleh seluruh santri, yang pelaksanaanya (petugas) digilir perkamar sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

  1. Gebyar Maulidiyyah

Merupakan event tahunan yang dilaksanakan pada bulan Maulud (Rabi’ul Awal), diadakan berbagai ajang perlombaan baik yang sifatnya jasmani seperti futsal, bola voli, tarik tambang dll. maupun non-jasmani seperti khitobah, MHQ, MQK, cerdas cermat dll.

  1. Khataman bi al-Ghoib

Kegiatan ini hanya diikuti oleh santri yang sudah menyelesaikan hafalan al-Qur’an 30 juz, dilaksanakan 1 bulan sekali pada hari Kamis malam Jum’at sampai selesai. 

  1. Pembacaan Manaqib

Pembacaan Manaqib Syekh Abdul Qodir al-Jailani dilaksanakan setelah Isya’ tiap hari Rabu kecuali minggu ke-4 setiap bulannya

  1. Kopdar

Merupakan rutinan diskusi untuk membahas, membedah dan mengkritisi sebuah buku tertentu.

  1. Khataman bi al-Nadhr

Kegiatan ini diikuti oleh santri (yang belum pernah khatam bi al-Nadhr) dengan cara membaca al-Qur’an disimak oleh asatidzah mulai juz 1 sampai khatam juz 30.

  1. Program Tahfidz

Program ini diikuti oleh santri yang berkeinginan untuk melanjutkan hafalan lebih dari 3 juz yang disyaratkan oleh pihak kampus STAI Al-Anwar.

Keterangan: Keempat kegiatan terakhir hanya dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Anwar 3 Putri.