Beranda > Pondok Pesantren

Pondok Pesantren

PROFIL PONDOK PESANTREN AL ANWAR 3

Pondok Pesantren Al-Anwar 3 Sarang Rembang Jateng

Latar Belakang

Pondok Pesantren Al-Anwar adalah pondok pesantren yang didirikan oleh KH. Maimoen Zubair pada tahun 1967. Lokasi pondok pesantren ini berada di Desa Karangmangu Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang.

Seiring perkembangan zaman, didirikanlah Pondok Pesantren Al-Anwar 2 guna memenuhi kebutuhan santri dalam memperoleh pendidikan formal. Pondok pesantren ini berlokasi di Dukuh Gondanrojo Desa Kalipang Kecamatan Sarang yang berjarak kurang lebih 2 km ke arah Barat dari Pondok Pesantren Al-Anwar Pusat. Pengasuh pondok pesantren ini adalah putra beliau sendiri, yaitu KH. Abdullah Ubab Maimoen.

Setelah beberapa tahun mendirikan pendidikan formal, beliau kemudian memprakarsai berdirinya Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Anwar. Beliau menyerahkan STAI Al-Anwar ini untuk dikelola oleh Yayasan Al-Anwar III. Dan di bawah naungan yayasan inilah STAI Al-Anwar ini diajukan kepada dinas terkait pada tahun 2011 dan perkuliahan mulai aktif pada Bulan September 2012.

Untuk mengontrol dan menjaga mutu dan kualitas mahasiswa STAI Al-Anwar, maka didirikanlah pondok pesantren yang diperuntukkan khusus mahasiswa yang kemudian diberi nama Pondok Pesantren Al-Anwar 3. Pondok pesantren ini didirikan dengan harapan supaya para mahasiswa dapat memperdalam ilmu agama serta melatih diri dalam kemandirian hidup dan membiasakan diri berakhlakul karimah sesuai dengan gelar yang mereka miliki kelak.

Visi

  1. Mewujudkan pesantren yang mampu menghasilkan lulusan yang dapat menguasai disiplin ilmu keislaman, berakhlak mulia serta peduli kepada sesama.
  2. Memantapkan iman dan taqwa serta mengembangkan ilmu pengetahuan keislaman untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat berdasarkan al-Qur’an dan as-Sunnah sesuai manhaj Ahlussunnah wal Jama’ah.

Misi

  1. Mengarahkan dan mengantarkan umat memenuhi fitrahnya sebagai khairu ummah yang dapat memerankan kepeloporan kemajuan dan perubahan sosial sehingga tercipta Negara Indonesia sebagai Baldah Thayyibah wa Rabb Ghafur.
  2. Mengembangkan syari’at Agama Islam ‘ala ahlissunnah wal jama’ah.
  3. Mencetak mahasiswa santi dan santri mahasiswa yang intelektuan dan berakhlaq qur’ani.
  4. Mencetak kader bangsa yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Profil Pondok Pesantren Al-Anwar 3

1.Nama Pondok Pesantren:Al-Anwar 3
2.Nomor Statistik Pondok Pesantren:510033170159
3.Tahun Berdiri:2012
4.Alamat:Dk. Gondanrojo
 Desa:Kalipang Rt 05 Rw 01
 Kecamatan:Sarang
 Kabupaten:Rembang
 Provinsi:Jawa Tengah
5.Nama Yayasan/Penyelenggara:Al-Anwar III
6.Alamat Yayasan:Jl. Raya Gondanrojo
 Desa:Kalipang Rt 05 Rw 01
 Kecamatan:Sarang
 Kabupaten:Rembang
 Provinsi:Jawa Tengah
7.Status Tanah:Wakaf
8.Luas Area Tanah:3481 m2
9.Jumlah Santri:928 Santri
 Santri Putra:486 Santri
 Santri Putri:442 Santri