Tuesday, November 30, 2021
Beranda > Senggang > Opini > TOKO KITAB AL-ANWAR 3?

TOKO KITAB AL-ANWAR 3?

Pondok Pesantren al-Anwar 3 Sarang Rembang adalah Lembaga Pendidikan yang sudah disetujui 6 tahun, Al-anwar 3 yang didirikan oleh Syaikhina KH. Maimoen Zubair dan berada di bawah asuhan DR. KH. Abdul Ghofur MZ, pondok pesantren ini berkolaborasi dengan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Anwar Sarang, beliau DR. KH. Abdul Ghofur MZugaskan sebagai Ketua STAI Al-Anwar Sarang.

Gedung perkuliahan terletak diseberang Gedung asrama putra atau lebih tepatnya disebelah Selatan asrama putra, Gedung tersebut di atas pagi sampai sore hari digunakan untuk kelas perkuliahan dan dikala malam hari digunakan untuk kelas sekolah agama atau yang disebut juga dengan Madrasah Diniyyah Takmiliyyah (MDT) juga Anwar 3 atau Muhadarah.

Pondok Pesantren Al-Anwar 3 memiliki banyak kegiatan yang harus dilakukan oleh 1000 santriwan / ti, 500 santriwan dan 500 santriwati menjadi sumber pemasukan keuangan pondok pesantren al-Anwar 3, pemasukan ini yang juga memerlukan dana keamanan pondok pesantren, pemeliharaan kebersihan, serta perawatan pondok pesantren dari berbagai jenis.

Jika dirincikan, pendaftar mendaftar dari uang pendaftaran santri baru, registrasi setiap awal tahun baru, dan uang syahriyah (uang bulanan). Jika kita berpikir banyak tentang menginstal pondok keuangan, sementara harus mengeluarkan banyak demi kemajuan dan perkembangan pondok pesantren al-Anwar 3, tidak mungkin memperluas untuk kegiatan pondok, perawatan peralatan dan lainnya harus di kompres (evaluasi), karena akan berdampak pada hasil yang akan berhasil dan tidak berjalan dengan maksimal.

Penulis menghabiskan berbincang dengan 5 orang pengurus di waktu dan tempat yang berbeda, perbincangan yang membahas tentang masalah ini. Sebelum berbincang, penulis harus meminta untuk ketua pondok atau penasihat untuk membuat toko buku. Hal ini berdasarkan pengalaman penulis selama 3 tahun dalam membantu penjualan buku di kantor kemaarifan. Setiap buku-buku yang dijual selesai diborong oleh santriwan / wati, menambah pemasukan yang cukup untuk kemaarifan, yang juga membantu dalam kegiatan pondok.

Pengadaan toko buku pondok juga membantu dalam menyukseskan program pengabdian yang diinginkan. Tidak hanya itu, Fotocopy Al-Anwar 3 akan berkembang karena akan dituntut untuk memesan buku yang dibutuhkan santri dan mahasiswa al-Anwar. Sebagai angan, memperbesarnya peluang untuk membuka bisnis lain dapat disediakan warung es krim di dekat lokasi toko buku. Kembali lagi, santri dan pelajar lebih mudah membeli buku karena toko buku jaraknya dekat dengan pondok.

Toko buku ini berisi buku-buku yang sekiranya dibutuhkan dan diminati oleh santri dan sesuai dengan peraturan pondok dan kampus. Tidak hanya berisi buku saja tetapi juga berisi buku-buku kuliah atau lainnya seperti novel yang berisi motivasi atau novel para sahabat. Terkait tentang isi toko dan nama toko dapat didiskusikan bersama pihak terkait.

Solusi dan ide untuk menambah pemasukan pondok tidak hanya didukung oleh 5 teman saya didukung juga didukung oleh Babah. Pada satu siang hari, saya bersama rekan kerja yang satu kepengurusan memiliki jadwal untuk sowan kepada beliau.

Dalam sowan tersebut Babah berkeinginan agar pondok memiliki toko buku sementara lokasi toko sedang dilakukannya. Terkait yang penulis paparkan di atas terkait dengan isi dan manfaat yang akan muncul dari toko ini dengan permintaan dan hasil yang ia harapkan.

Penulis berharap dari ketikan ini akan menjadi sebuah tantangan, meminta ada perkuatan di Disuatu tempat ada perdebatan, di sana ada peluang . Peluang ini sangat besar dari segi Manfaat dan segi finansial.

Tabik.

*Muslih
Maarif Pondok Pesantren Al-Anwar 3 Sarang

BACA JUGA :  Studi Banding Sunan Drajat Datangi Al-Anwar 3
Tim Multimedia PP. Al Anwar 3
Website dikelola oleh Tim Multimedia Pondok Pesantren Al Anwar 3 Sarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *