Beranda > Seputar Pondok > Peringati Haul Hj. Masti’ah dan Hj. Fahimmah dengan Gelar Majelis Khotmil Qur’an

Peringati Haul Hj. Masti’ah dan Hj. Fahimmah dengan Gelar Majelis Khotmil Qur’an

khotmil

Ratusan santri Pondok Pesantren Al-Anwar 3 mengikuti acara khotmil Qur’an dengan khidmat pada Senin (20/12). Majelis tersebut diadakan untuk memperingati haul Nyai Hj. Masti’ah yang ke-20 dan Nyai Hj. Fahimmah yang ke-10.

Khotmil Qur’an digelar dengan 2 jenis, bi al-Ghaib yang di ikuti oleh santri tahfidz dan bi al-Nadzar yang diikuti seluruh santri non-tahfidz.  Sebagaimana pemaparan koordinator Ma’arif putri, Munjayanah, adanya 2 jenis khotmil Qur’an diharapkan seluruh santri dapat berpartisipasi, jadi tidak hanya santri tahfidz saja.

“Khataman tidak diperuntukan untuk santri tahfidz saja, tetapi diikuti oleh semua, ya biar semuanya ikut mendapatkan barokah dari beliau-beliau”, jelasnya.

BACA JUGA :  Hadir di Al-Anwar 3, Prof. KH. Nadirsyah Hosen, LL.M., M.A., Ph. D: Menjadi Muslim di Australia Harus Punya Ilmu

Lebih lanjut, Munjayanah memaparkan alasan diselenggarakannya majelis khotmil Qur’an sebagai momen untuk memperingati haul, yaitu sebagai bentuk hadiah yang dipersembahkan kepada Nyai Hj. Masti’ah dan Nyai Hj. Fahimmah. Dengan begitu, seluruh santri al-Anwar 3 bisa mengalap barokah dari majelis Qur’an maupun dari beliau, Bu nyai Hj. Masti’ah dan Bu nyai Hj. Fahimmah.

“Niatnya ya mengalap barokah beliau-beliau, tidak etis jika mengalap barokah tanpa memberi hadiah. Kenapa khataman Qur’an? Ya untuk mencari barokah dari khataman tersebut”, terangnya.

Selain khotmil Qur’an, juga diselenggarakan tahlil dan do’a bersama sebagai penutup acara peringatan haul Nyai Hj. Masti’ah dan Nyai Hj. Fahimmah tersebut.

[f]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *