Beranda > Seputar Pondok > Peringatan Lahirnya Agama Islam, Acara Nuzul al-Qur`an PP. Al-Anwar 3 Menghadirkan Gus Baha

Peringatan Lahirnya Agama Islam, Acara Nuzul al-Qur`an PP. Al-Anwar 3 Menghadirkan Gus Baha

Rembang –Media Anwar.3Pondok pesantren al-Anwar 3 mengadakan peringatan malam nuzul al-Qur`an yang bertempat di halaman STAI AL-ANWAR. Acara ini dihadiri oleh seluruh santri putra dan putri pesantren al-Anwar 3. Acara nuzul al-Qur`an kali ini menghadirkan Gus Baha sebagai pembicara. (20/04)

Acara nuzul al-Qur`an ini diawali dengan sambutan, khataman al-Qur`an dan pembacaan tahlil untuk mbah Zubair Dahlan serta dilanjut dengan maidhoh hasanah oleh Gus Baha.

Pengasuh pondok pesantren al-Anwar 3, K.H. Abdul Ghofur dalam sambutannya menjelaskan tujuan dari acara nuzul al-Qur`an ini bahwa turunnya al-Qur`an merupakan awal mula kelahiran agama Islam yang menjadi agama penutup dari agama-agama sebelumnya.

BACA JUGA :  Tadarus[1] Al-Qur’an Di Bulan Ramadan

“Peringatan malam 17 Ramadhan adalah peringatan lahirnya agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad. Wahyu Muhammad sebagai rentetan dari wahyu-wahyu sebelumnya mulai dari Nabi Adam yang dipungkasi oleh Nabi Muhammad,” ungkapnya.

Gus Baha dalam Mauidhoh Hasanahnya, mengatakan bahwa untuk menghormati al-Qur`an sebagai kalam yang jami’ dan kamil. Beliau menganjurkan santri untuk mempelajari Ushul Fiqih sebagai alat analisis dalam memahami al-Qur`an.

“Saya ditunjuk untuk mengajar balaghah, tetapi saya juga biasanya memasukkan ilmu ushul fiqih. Sebab ilmu ini sangat penting untuk bisa menganalisis ayat yang tidak bisa dimaknai,” tegasnya. Kemudian, acara ini diakhiri dengan doa yang dibacakan oleh Bu Nyai Heni Maryam dan dilanjut dengan mushofahah. (Ty)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *