Thursday, October 22, 2020
Beranda > Keilmuan Islam > Mie Instan Lagi(?)

Mie Instan Lagi(?)

Setiap orang sudah pasti kenal dengan makanan cepat saji bernama mie instan. selain mudah diperoleh, makanan satu ini juga mempunyai rasa yang sedap dan bervariasi. Hanya saja, dibalik sifat praktis dan rasanya yang sangat sedap, mie instan juga mempunyai sejumlah resiko untuk kesehatan.

Menurut sejumlah hasil penelitian, Terlalu sering mengkonsumsi mie instan dapat meningkatkan resiko timbulnya penyakit kanker, ginjal dan usus buntu. Pada beberapa kasus orang yang mengkonsumsi mie instan berlebihan juga dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas.

Sebaiknya jangan mengkonsumsi mie instan setiap hari, mulailah untuk mengurangi mengkonsumsi mie instan seminggu 2 kali , seminggu 1 kali sampai Anda benar-benar tidak ketergantungan terhadap mie instan tersebut. Menurut penelitian rupanya didalam mie instan terdapat kandungan lilin yang sangat membahayakan bagi kesehatan manusia.

Mie instan mengandung kandungan lilin yang berguna untuk membuat mie tak lengket satu dengan lainnya. Dengan seringnya kita mengonsumsi mie instan berarti kita juga sudah memasukkan banyak kandungan lilin ke dalam tubuh kita. Dengan seringnya kita mengonsumsi mie instan berarti kita juga sudah memasukkan banyak kandungan lilin ke dalam tubuh kita. Kandungan lilin tersebut akan merusak metode kerja pencernaan dalam tubuh karena baru dapat dicerna oleh tubuh dalam waktu minimal 2 hari.

Disamping kandungan zat lilin, di dalam mie instan juga terdapat natrium yang dapat menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) dan maag. Dan jika kiranya dikonsumsi berlebihan dalam waktu yang cukup lama, kandungan natrium ini tentu secara signifikan dapat memunculkan penyakit di atas.

Hal ini didasari karena kandungan natrium yang bersifat menetralkan lambung, sehingga mengakibatkan lambung akan mensekresi asam dalam jumlah yang banyak agar dapat mencerna makanan. Mie instan juga rupanya memiliki kandungan zat lain yang dapat membahayakan kesehatan tubuh kita, seperti MSG dan penambah rasa.

Jika masih mau mengonsumsi mie instan namun mau tetap sehat, sebaiknya jangan memasak bumbu mie instan secara bersamaan mienya, karena jika bumbu mie instan dimasak di atas suhu 120 derajat celcius dapat memicu terjadinya sel kanker. Sudah mafhum bersama bahwa hal yang berlebihan tidak baik. Jadi apakah anda masih ingin mengkonsumsi mie instan berlebiahan?

Oleh :Lailatus Sa’diyah- Zahra Nur Ana Allaeli

BACA JUGA :  ANAK SUNGAI YANG MENJADI MUFASSIR
Tim Multimedia PP. Al Anwar 3
Website dikelola oleh Tim Multimedia Pondok Pesantren Al Anwar 3 Sarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *